Cara Menyemen Lantai Yang Benar | Poles Lantai Semen

Cara Menyemen Lantai Yang Benar | Poles Lantai Semen

Cara Menyemen Lantai Yang Benar

Cara Menyemen Lantai Yang Benar

Biasanya orang ketika mendirikan atau memperbaiki rumah mereka dengan melakukan sendiri, mereka memakai tukang bangunan yang digaji dengan sistim harian. Karena itu kebanyakan dari mereka adalah orang yang tidak mengerti bangunan dan seluruh pekerjaan teknik dipercayakan kepada salah seorang tukang bangunan yang dianggap sudah berpengalaman.

Dalam pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan oleh mereka tidak selalu mulus dengan hasil yang memuaskan, dan tidak selalu yang dianggap sudah berpengalaman selalu menghasilkan pekerjaan yang sesuai standar kualitas bangunan yang aman, sebab mereka kebanyakan hanya memiliki pengalaman yang tidak didasari ilmu pengetahuan bangunan yang benar.

Sebagai salah satu contoh dalam melaksanakan pekerjaan pasangan yang menggunakan adukan semen pasir, seperti pekerjaan pasangan pondasi, pasangan dinding, pasangan lantai, pekerjaan beton yang semuanya menggunakan adukan campuran semen dan pasir.

Ketika para pekerja membuat adukan untuk pekerjaan tersebut sangat tidak dijamin akan kualias adukan semen pasir yang dihasilkan, sebab tukang bangunan yang sudah diberikan kepercayaan dan sudah dianggap berpengalaman tersebut tidaklah mengawasi para pekerja yang membuat adukan, sebab tukang bangunan yang bersangkutan bekerja sebagai tukang biasa dan asyik saja dengan pekerjaannya.

Oleh karena itu kita sebagai pemilik rumah janganlah terlalu percaya kepada mereka, dan alangkah baiknya kita juga mengetahui adukan semen pasir yang baik dan kuat, sebab adukan semen pasir merupakan komponen yang sangat menentukan kekuatan bangunan. Apalah jadinya rumah kita yang sudah kita bangun dengan biaya besar, tapi kualitasnya rendah.

Adukan semen pasir haruslah dibuat dengan cara-cara yang yang baik dan benar. Adukan semen pasir ada beberapa macam dalam penggunaannya seperti untuk pasangan pondasi, pasangan bata merah,  dan plesteran. Untuk pekerjaan-pekerjaan tersebut sebaiknya menggunakan campuran minimal dengan perbandingan 1 semen : 5 pasir, sedangkan agar lebih kuat lagi dapat menggunakan menggunakan perbandingan 1 semen : 3 pasir atau 1 semen : 4 pasir. Untuk adukan beton : sloof, kolom, baloh, dan plat lantai, gunakanlah campuran adukan beton dengan perbandingan 1 semen : 2 pasir : 3 kerikil.

Jadi pada intinya ada dua hal yang harus diperhatikan agar kualitas adukan semen pasir menghasilkan konstruksi pasangan yang baik adalah, pertama takaran perbandingannya harus benar-benar ditakar sesuai aturan, kedua adalah harus memilih material pasir dan kerikil (untuk beton) yang berkualitas.

Itulah yang dapat saya sampaikan pada posting kali ini, yaitu betapa pentingnya peran adukan semen pasir untuk kekuatan sebuah bangunan.